DISPARBUDPORA

STRUKTUR TOWER PDAM

  1. IDENTITAS

   Struktur           : Struktur Tower PDAM

Alamat              : Jalan Jend. Yani No. 7 Palangka Raya

Kelurahan          : Palangka

Kecamatan       : Jekan Raya

Kabupaten        : Palangka Raya

Provinsi            : Kalimantan Tengah

Koordinat          : S. 2°12.29.74 E.113°55’25.67’’

Luas/Ukuran    : Bangunan:

Panjang    : 30 M

Lebar        : 16 M

Tinggi        : 10 M

Lahan       : 10.972 M2

Batas                :

Utara       : Perkampungan penduduk

Timur      : Kantor PDAM Kota Palangka Raya

Selatan    : Jl. Jend. A. Yani

Barat       : Kantor PLN

 

  1. DESKRIPSI

Uraian                : Struktur instalasi pengelolaan air minum atau PDAM di Palangka Raya merupakan tower penyimpanan air utama kota. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila dimensi ukurannya besar. Tower ini dikelola oleh PDAM (perusahaan air minum daerah) Kota Palangka Raya. Pada awalnya instalasi air ini berjumlah 3 (tiga) objek struktur, tetapi pada saat ini hanya tersisa 2 (dua) yaitu WTP dan Tower atau reservoir. Satu objek yaitu intake sudah dihancurkan atau diganti dengan bangunan baru. Sumber air bersih untuk keperluan PDAM di Palangka Raya yaitu mengambil dan mengolah air Sungai Kahayan yang berjarak kira-kira 200 M dari lokasi tempat pengolahan tersebut.

Kondisi saat ini   :  Kondisi struktur tower sampai sekarang masih solid sehingga masih difungsikan sebagaimana peruntukannya. Sejak awal warna tower berwarna biru dan hingga kini masih tidak ada penggantian warna. Terkait hal itu autentisitas warna struktur masih terjaga secara baik. Namun di beberapa bagian elemen struktur, seperti anak tangga dan bagian pipa penghubung tower kondisinya mulai aus dan bahkan ada yang mengalami rusak ringan.

Sejarah              : Struktur Tower PDAM Kota Palangka Raya dibangun oleh Pemerintah Indonesia dengan bantuan teknisi dari Rusia Uni Soviet pada tahun 1960-an. Fasilitas air bersih di Kota Palangka Raya ini mulai beroperasi pada tahun 1962. Keberadaan fasilitas air bersih kota dengan demikian sudah dirancang sejak awal pembangunan tata ruangnya. Pada saat itu pengelolaan air bersih dilaksanakan oleh SAM (Saluran Air Minum) di bawah Dinas Pekerjaan UMUM (PU) Provinsi Daerah Tingkat I Kalimantan Tengah.

Kapasitas daya tampung tower sebanyak 15 L/dt atau 15.000 liter kepentingannya untuk mengaliri kepentingan air bersih ke Rumah Sakit Daerah dan Rumah Dinas Gubernur Kalimantan Tengah hingga sampai sekarang. Dahulu Gubernur Tjilik Riwut sering mengajak para tamunya naik ke Tower PDAM ini untuk melihat panorama kota. Sejauhmata memandang pemandangan lingkungan Kota dapat dinikmati dengan jelas.

Status Kepemilikan/Pengelolaan: Struktur Tower PDAM dikelola oleh PDAM Kota Palangka Raya  Provinsi Kalimantan Tengah